UNHAN Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Pengembangan Infrastruktur Sumber Energi Untuk Ketahanan Energi Di Provinsi Maluku

Focus Group Discussion (FGD) Tentang Pengembangan Infrastruktur Sumber Energi Untuk Ketahanan Energi Di Provinsi Maluku Dalam Peningkatan Pertahanan Dan Keamanan Nasional, dilaksanakan di ruang senat lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Pattimura pada tanggal 26 Oktober 2017 dimulai pukul 10.00 WIT sampai selesai. FGD ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Kolonel Laut (KH) Dr. Yanif Dwi Kuntjoro, M.Si selaku ketua panitia dan dibuka dengan tifa oleh Asisten II Gubernur Provinsi Maluku Ibu Maritje Lopulalan, S.H. Acara FGD ini diisi oleh tiga panelis yaitu Bapak Letjen TNI Mar (Purn) Dr. Nono Sampono, M.Si, Bapak Warek 3 UNHAN Marsda TNI Dr. D. Herly Dwiyanto, S.T, M.M, M.Si (Han), dan Bapak Jaya Wahono CEO Clean Power Indonesia.

Ada dua agenda dalam acara ini yaitu pertama, penandatanganan PKS Antara UNHAN dengan Universitas Pattimura yang diwakili oleh Bapak Warek 3 Unhan Marsda TNI Dr. D. Herly Dwiyanto, S.T, M.M, M.Si (Han) dan Warek 4 UNPATTI yaitu Bapak Dr. Muspida, M.Si. PKS ini bertujuan membangun kerjasama antara UNHAN danUNPATTI untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. Agenda kedua yaitu FGD yang disampaikan oleh ketiga panelis. Undangan yang hadir dalam acara ini yaitu perwakilan dari Lantamal Ambon, Wakapolda Ambon, para pejabat daerah serta mahasiswa UNPATTI.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Warek 3 UNHAN Marsda TNI Dr. D. Herly Dwiyanto, S.T, M.M, M.Si (Han) dengan tema Bela Negara, panelis kedua yaitu Bapak Jaya Wahono yang merupakan CEO Clean Power Indonesia memberikan materi dengan judul Peningkatan Rasio Elektrifikasi di Daerah Kepulauan Wilayah Indonesia Timur. Sedangkan panelis ketiga yaitu Bapak Letjen TNI Mar (Purn) Dr. Nono Sampono, M.Si selaku Wakil DPD RI memberikan materi dengan judul Pengembangan Infrastruktur Sumber Energi Terbarukan (EBT) Untuk Ketahanan Energi Nasional Dalam Perspektif Maluku. Acara berlangsung dengan lancer disertai dengan antusias peserta yang sangat baik. Inti dari materi yang disampaikanya itu mempersiapkan pembangunan infrastruktur sumber energi di Provinsi Maluku khususnya dari sector energi baru terbarukan seperti air, surya dan biomassa dari tanaman energi seperti bamboo, serta pentingnya pembangunan sumber energi dalam mewujudkan ketahanan energi dalam rangka mendukung ketahanan dan pertahanan nasional.

Pada akhir acara dilakukan penyerahan pohon bambu yang dilakukan oleh Bapak Jaya Wahono selaku CEO Clean Power Indonesia kepada Unversitas Pattimura sebagai bagian dari upaya untuk membangun energi dengan tanaman energi berupa bambu yang dapat digunakan sebagai sumber energi biomassa yang dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik.